Jumat, 25 November 2011

APLIKASI PEMUPUKAN UNTUK TAMBAK UDANG/IKAN, DAN RUMPUT LAUT


Dosis Total per Hektar
AGT_BIOTech cair = 8 -15 ltr/ha
AGT_BIOTech padat = 80 - 100 kg/ha

                               Akan Mengurangi Penggunaan Pupuk Makro 25%-50%
                              dan Akan Meningkatkan Hasil Panen

Tambak Udang/Ikan :

-              Tanah tambak diolah (ditraktor atau dicangkul), kemudian dikeringkan sampai macak-macak, dan bersihkan semua kotoran yang ada dalam tambak termasuk trisipan.
-              Lakukan pengapuran : 1 – 2 ton/ha, kemudian biarkan selama 2-3 hari, lalu masukkan air setinggi 10 – 15 cm diatas pelataran tambak, dan biarkan menguap (1-2 miggu).
-              Lakukan pemberian saponin secara merata ke saluran tambak atau pelataran tambak yang tergenang air, dan biarkan selama 4-7 hari.
-              Kemudian berikan AGT_BIOTech “padat” sebanyak 20 - 30 kg/ha + Pupuk Kimia (Urea dan SP36) sebanyak 25 - 50% dari rekomendasi + 5 l/ha AGT_BIOTech “organik cair” pada seluruh permukaan tambak, dan diamkan selama 3 – 4 hari, lalu tambahkan air setinggi 10 – 15 cm di atas pelataran tambak, dan diamkan selama 2 – 3 hari.
-              Masukkan air kembali sampai setinggi 60 cm di atas pelataran tambak secara berangsur-angsur, kemudian lakukan penebaran bibit udang atau ikan.
-              2 (dua) minggu setelah tebar lakukan pemberian AGT_BIOTech “organik cair” sebanyak 2 liter/ha, dan lakukan setiap 10 – 14 hari sekali sampai umur udang/ikan 2 bulan, selanjutnya lakukan pemberian pakan pada umur udang 2 bulan ke atas, dengan aplikasi AGT_BIOTech organik cair sebanyak 2 ltr/ha/10 hari sekali (disiram)
-              Jika pemberiannya melalui pakan yaitu larutkan 5 cc AGT_BIOTech “organik cair” ke dalam 100 ml air dan campurkan ke dalam 1 kg pakan, dan  tiriskan dulu kemudian berikan ke udang atau ikan, dan dilakukan setiap pemberian pakan.

Tambak Rumput Laut (Gracillaria  sp)

q  Sebelum bibit direndam, angin-anginkan terlebih dahulu 1-2 jam.
q  Rendam bibit rumput laut dengan AGT_BIOTech “organik cair” 10 cc ke dalam 100 ml air selama 10-12 jam, lalu angkat dan kemudian sebar merata ke tambak.
q  Kemudian berikan AGT_BIOTech “organik cair” setiap minggu sebanyak 1 liter/ha, dan AGT_BIOTech “padat” 1-2 kg/ha (setiap bulan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar